PERANGKAT LUNAK MICROSOFT OFFICE 2013
A. Mengenal Aplikasi Microsoft Office
Hampir semua computer/laptop, baik computer pribadi, computer kantor, computer sekolah, pasti terinstall aplikasi Microsoft Office, karena aplikasi ini sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor,sekolah maupun perusahaan. Sesuai dengan Namanya, Microsoft Office diproduksi oleh perusahaan raksasa bernama “ Microsoft “ .
Versi Microsoft Office:
Microsoft Office versi 3.0
Microsoft Office 95
Microsoft Office 97
Microsoft Office 2000
Microsoft Office 2003
Microsoft Office 2007
Microsoft Office 2013
Microsoft Office 2016
Dan Microsoft Office 2019 ( saat ini belum rilis, baru diuji coba )
Microsoft Office terdiri dari beberapa aplikasi yaitu :
a. Microsoft Word : Aplikasi pengolah kata untuk menulis surat, laporan, dan lain- lain. File yang dibuat dengan Microsoft Word disebut Dokumen
b. Microsoft Excel : Aplikasi pengolah angka untuk membuat laporan keuangan, membuat Daftar Nilai, Ledger, dan lain-lain. File yang dibuat dengan Micrososft Excel disebut Workbook
c. Microsoft Office Power Point: Aplikasi untuk Presentasi, untuk ditayangkan menggunakan media seperti Projector LCD
d. Microsoft One Note : digunakan untuk membuat catatan- catatan kecil
e. Micrososft Access : Aplikasi pengolahan Database
f. Microsoft Outlook : digunakan sebagai manager Pribadi, pengaturan email dan lain-lain
g. Microsoaft Publisher. Digunakan untuk membuat dokumen untuk dipublikasikan
Pada kesempatan ini akan kita pelajari Aplikasi Micosoft Office :
a. Word 2013
b. Excel 2013
c. PowerPoint 2013
B. Microsoft Word 2013
1. Membuka Aplikasi Micrososft Word 2013
a. Klik tombol Start, hingga terbuka kotak All Program
a. Gulir penunjuk mouse ke atas atau ke bawah hingga terlihat folder Microsoft Office 2013, kemudian klik folder tersebut, hingga terlihat icon Word 2013
b. Klik icon Word 2013
c. Tunggu beberapa saat hingga terbuka jendela seperti gambar di bawah ini
d. Pilih dan klik Blank Document hingga terbuka halaman word seperti gambar di bawah ini
2. Mengenal Menu-Menu Pada Micrososft Word 2013
a. Quick Access Toolbar
Pada baris ini berisi icon-icon untuk mempercepat dalam mengakses. Secara default quick access berisi icon – icon : Save ( menyimpan documen, Undo ( membatalkan perintah ), dan Redo ( membatalkan perintah undo ). Anda dapat menambahkan perintah-perintah lain dengan cara klik tanda segitiga kecil di bagian kanan bawah baris quick acces.
b. Title Bar
Pada baris ini berisi icon-icon untuk mempercepat dalam mengakses. Secara default quick access berisi icon – icon : Save ( menyimpan documen, Undo ( membatalkan perintah ), dan Redo ( membatalkan perintah undo ). Anda dapat menambahkan perintah-perintah lain dengan cara klik tanda segitiga kecil di bagian kanan bawah baris quick acces.
b. Title Bar
Title Bar berisi informasi tentang nama Dokumen yang sedang dibuat atau sedang dibuka.Jika dokumen yang sedang dibuat belum disimpan dan belum diberi nama, maka secara otomatis MS Word akan memberi nama “ Document 1 – Word “
c. Control Jendela
Pada Ribbon Menu bar terdapat 5 group antara lain : Clipboard, font, paragraph, styles, dan editing.
Group Clipboard berisi sub menu :
Cut : Memindahkan object ( teks atau gambar )
Copy : Menyalin Objek
Paste untuk menempatkan objek yang di salin atau yang dipindahkan.
Group Font : Berisi sub menu-sub menu untuk mengatur font atau huruf
Group Paragraph berisi sub menu untuk mengatur paragraph antara lain : perataan teks, Spasi, penomoran teks, dan lain-lain.
Group Style : berfungsi untuk mengatur style atau gaya teks
Group Editing berisi sub menu - sub menu: Find ( mencari kata tertentu dalam teks atau naskah ) , Replace ( mengganti kata tertentu dengan kata lain dalam sebuah naskah) , Select untuk memilih atau menandai teks
g. Kotak Dialog ( Dialog Box )
Kontrol Jendela terdiri dari 5 icon yaitu:
1) Microsoft Word Help ( ? ) untuk menampilkan jendela bantuan pada microsoft word
2) Ribbon Display Option : Untuk menampilkan atau menyembunyikan menu Ribbon
3) Minimize , untuk menyembunyikan atau meminimize halaman word
4) Maximize , untuk memaksimalkan halaman word
5) Close , untuk menutup halaman word
d. Menu File
Menu File terdiri dari sub menu- sub menu : Info,new,open,save,save as,print,share,export, close.
1) Info : berisi informasi-informasi tentang dokumen yang sedang dibuka, antara lain, nama file, jumlah halaman, jumlah kata, ukuran, dan lain-lain
2) New : Untuk membuka dokumen baru
3) Open : Untuk membuka dokumen yang pernah dibuat sebelumnya
4) Save : Untuk menyimpan dokumen
5) Save As: Menyimpan dokumen baru, atau dokumen lama dengan nama baru
6) Print: Perintah untuk mencetak dokumen
7) Share : Perintah untuk membagikan dokument secara online
8) Export : Menyimpan dokumen dalam format lain
e. Menu Bar ( Baris Menu )
Menu Bar berisi sederetan menu-menu yang ditandai dengan teks yang meliputi : Home, Insert, Design, Page Layout, References, Mailing, Review, View. Kita dapat menambahkan menu-menu lain sesuai kebutuhan
f. Ribbon
Ribbon adalah sub menu yang akan ditam[ilkan ketika salah satu menu pada menu bar diaktifkan. dalam setiap ribbon terdapat kelompok-kelompok sub menu yang kita sebut Group
Contoh pada menu Home
Pada Ribbon Menu bar terdapat 5 group antara lain : Clipboard, font, paragraph, styles, dan editing.
Group Clipboard berisi sub menu :
Cut : Memindahkan object ( teks atau gambar )
Copy : Menyalin Objek
Paste untuk menempatkan objek yang di salin atau yang dipindahkan.
Group Font : Berisi sub menu-sub menu untuk mengatur font atau huruf
Group Paragraph berisi sub menu untuk mengatur paragraph antara lain : perataan teks, Spasi, penomoran teks, dan lain-lain.
Group Style : berfungsi untuk mengatur style atau gaya teks
Group Editing berisi sub menu - sub menu: Find ( mencari kata tertentu dalam teks atau naskah ) , Replace ( mengganti kata tertentu dengan kata lain dalam sebuah naskah) , Select untuk memilih atau menandai teks
g. Kotak Dialog ( Dialog Box )
Ada beberapa group yang terdapat tanda panah kecil warna hitam di pojok kanan bawah dari group tersebut. Jika tanda panah tersebut diklik, maka akan ditampilkan kotak dialog yang merupakan isi dari group tersebut. Berikut contoh kotak dialog dari group Clipboard, group font dan group paragraph
Lain - Lain
Document Area : Tempat mengetik naskah , disebut juga lembar kerja
Ruler Bar : Baris dan kolom mirip dengan mistar untuk mengukur lebar/ panjang teks
Status Bar : Dari status bar kita dapat mengetahui jumlah halaman dari naskah yang sedang kita buka, terletak pada halaman berapa teks yang sedang kita edit atau kita buka, berapa jumlah kata dari naskah yang sedang kita buka.
Scroll Bar : Digunakan untuk menggulung naskah / lembar kerja
View Bar : Pada View Bar kita dapa memilih tampilan domument yang sedang kita buka dalam 3 mode yakni : Read mode, Print layout , dan Web leyout
Zoom Control : digunakan untuk mengatur pembesaran tampilan halaman naskah, tanpa mengubah ukuran huruf
Document Area : Tempat mengetik naskah , disebut juga lembar kerja
Ruler Bar : Baris dan kolom mirip dengan mistar untuk mengukur lebar/ panjang teks
Status Bar : Dari status bar kita dapat mengetahui jumlah halaman dari naskah yang sedang kita buka, terletak pada halaman berapa teks yang sedang kita edit atau kita buka, berapa jumlah kata dari naskah yang sedang kita buka.
Scroll Bar : Digunakan untuk menggulung naskah / lembar kerja
View Bar : Pada View Bar kita dapa memilih tampilan domument yang sedang kita buka dalam 3 mode yakni : Read mode, Print layout , dan Web leyout
Zoom Control : digunakan untuk mengatur pembesaran tampilan halaman naskah, tanpa mengubah ukuran huruf
No comments:
Post a Comment